Bagaimana Cara Memilih ICO yang Bagus (tidak scam) ?

 BAGAIMANA CARA MENCARI ICO YANG BAGUS?

             Tentunya kita sudah tau apa itu "ICO" ,Jika belum tahu apa itu "ICO" silahkan baca DISINI.
Dan sebagian dari kita, khususnya bagi pemula masih banyak yang bingung dalam memilih proyek yang akan diikuti untuk menginvestasikan modalnya maupun mengikuti kampanye Bounty yang tepat untuk diikuti. Bahkan tidak sedikit dari proyek yang sedang melaksanakan ICO berpotensi untuk scam(penipu)

Untuk mencari proyek yang berpotensi sukses kedepannya maupun menghindari proyek scam, proyek yang gagal, dll. Yuk pahami proyek yang akan kita ikuti dengan menganalisis beberapa aspek dibawah
 
1. Proyek yang memiliki konsep/tujuan menyelesaikan masal pada dunia nyata.
Proyek yang memiliki konsep seperti ini akan mendatangkan banyak investor yang ingin ikut ambil bagian menanamkan modal mereka karna proyek seperti ini memiliki peluang yang besar dengan menawarkan solusi dari permasalahan yang ada .

2. Baca White paper
Baca lengkap dan pahami Whitepaper mengenai proyek tersebut, kenali detail proyek tersebut dan kemana arah dari tujuan proyek tersebut. Ketika rencana bisnis dengan tujuan yang digambarkan oleh mereka sudah cukup jelas, apakah target dari produk yang mereka tawarkan dan dimana target untuk mereka memasarkan produknya,dll. 

3. Soft-cap dan hard-cap
Perhatikan berapa target minimum dan maksimum dari penjualan ICO mereka, seberapa logis/masuk akal target dana yang mereka tentukan untuk menjalankan dan mengembangkan proyeknya. Apakah menurut anda cocok jika  proyek jangka panjang dan melakukan beberapa pengembangan untuk produknya tapi hanya menargetkan dana yang rendah sudah bisa meraih soft-cap dan menjalankan proyeknya?!,begitupula sebaliknya.

4. Team yang pengalaman dan memiliki review yang baik.
Tentunya dengan tim yang berpengalaman akan memudahkan mereka menjalankan ICOnya karena sudah memiliki pengalaman dari proyek 2 yang mereka tangani sebelumnya sehingga mereka lebih hati2 agar tidak jatuh kelobang yang sama. Bagaimana cara tau kalau mereka sudah ahli? Googling gan!  Oke back to topic  Grin Cari tahu siapakah dalang dibalik proyek ini dan kita cari tahu apakah mereka memiliki banyak pujian bagus atas proyek yang ditangani sebelumnya atau justru sebaliknya dengan cara googling.

5. Roadmap/Peta jalan
Proyek harus memiliki rencana yang tersusun rapi dan jelas. Di roadmap inilah proyek memaparkan kegiatan dan kapan penembangan proyek maupun penggunaan dari alokasi dana yang terkumpul.

6. Memiliki Partner perusahaan2 besar/ brand ambassador ternama.
Dengan menjalin kerjasama dengan pihak pihak tertentu yang sudah ternama maupun familiar di kuping jutaan orang pastinya mengurangi keraguan pada calon customer dan investor mereka sehingga dapat melirik proyeknya, dan sebagai salahsatu  wujud keseriusan tim dalam menjalankan proyeknya.

7. Advisor/rajin promosi.
Tim tentunya akan rajin mempromosikan produknya dengan cara apapun , dari sosial media , penjelasan CEO langsung, maupun saat tour negara dan aktif dalam konverensi blockchain.


Sekian sedikit share dari saya. namun jika tujuannya hanya untuk jadi “ICO hunter” maka akan berbeda dalam melihat dan mempertimbangkan ICO yang layak.
Jika artikel ini bermanfaat dan berguna, silahkan dibagi kepada rekan-rekan semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fluxorin: Decentralized Music Streaming Platform On The Blockchain Network

Qilimanjaro - Generasi Masa Depan Komputer

5 Pandangan Keliru Masyarakat Umum Terkait Bitcoin